Pertimbangan Penting Kimia Kolam Renang

Karena kolam renang terkadang menampung berbagai orang yang berbeda pada satu waktu, penting untuk memelihara kimia kolam renang tertentu untuk memerangi penyebaran penyakit dan penyakit melalui air. Menjaga keseimbangan bahan kimia di lingkungan kolam dengan benar bisa menjadi tugas yang sulit, terutama jika kolam Anda banyak digunakan oleh beberapa perenang yang berbeda secara teratur.

Kenyataan dari kolam umum adalah bahwa sebagian besar perenang tidak menyadari fakta bahwa kebersihan mereka sendiri dapat berperan besar dalam keamanan dan kebersihan fasilitas kolam apa pun. Untuk alasan ini, tanggung jawab operator kolam umum untuk menjaga kolam tetap aman dan bersih menjadi sangat penting. Pada artikel ini, beberapa aspek berbeda dari kimia kolam renang akan dibahas untuk kepentingan perenang dan pemilik kolam di mana pun.

– Menggunakan Klorin sebagai Komponen Kebersihan Kolam Renang dan Kimia Kolam Renang

Sebagian besar kolam renang umum dan pribadi di seluruh dunia menggunakan klorin untuk memastikan bahwa kolam mereka didesinfeksi dan aman. Klorin digunakan sebagai disinfektan kolam untuk melindungi perenang dari penyakit seperti telinga perenang, diare, dan beberapa jenis infeksi kulit tertentu. Meskipun alternatif untuk klorin telah diperkenalkan di tahun-tahun sebelumnya, klorin masih menjadi favorit di antara pemilik dan operator kolam karena keandalan dan kekuatannya sehubungan dengan kemampuannya untuk menjaga kolam yang paling aktif sekalipun tetap bersih dan aman. Di luar tujuannya untuk menghancurkan kuman yang ditularkan melalui air, klorin juga dapat menghancurkan alga dan organisme yang ditularkan melalui air lainnya.

Seringkali fasilitas akan menggunakan jenis klorin tertentu yang dikenal sebagai “klorin bebas” untuk tujuan menjaga lingkungan kolam sanitasi. Klorin bebas mengacu pada kombinasi ion hipoklorit dan asam hipoklorit. Direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia agar kadar klorin bebas dipertahankan hingga 3 bagian per juta (PPM) untuk memastikan bahwa kolam aman, bersih, dan siap dinikmati oleh perenang.

– Pemantauan pH di Lingkungan Kolam: Kimia Kolam Renang

Memantau pH dan kadar klorin bebas adalah kunci untuk mempertahankan fasilitas yang bahagia dan sehat. Karena klorin bebas menjadi disinfektan yang jauh lebih lemah setelah teroksidasi (ini terjadi ketika molekul klorin bereaksi secara kimiawi dengan bahan organik di dalam kolam), penting bagi operator kolam untuk memastikan bahwa kadar klorin bebas mereka cukup tinggi untuk secara efektif membunuh kuman. dan organisme yang tidak diinginkan lainnya. Tingkat pH yang ideal untuk dipertahankan adalah dalam kisaran pH yang sedikit basa antara 7,2 dan 7,8. Tingkat pH ini ideal untuk membasmi kuman dan ganggang. Pada saat yang sama air kolam akan nyaman bagi perenang. Selain menjaga kimia kolam renang yang efektif, setiap perenang harus bersedia memberikan kontribusi untuk sanitasi kolam. Ini termasuk memastikan untuk mencuci tubuh secara menyeluruh sebelum memasuki kolam dan memastikan untuk tidak pernah buang air kecil di kolam karena ini dapat dengan cepat menurunkan keamanan air kolam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *